D35ta’s Weblog


Mengetahui Kemampuan Komputer

Ketika kita mempunyai komputer atau akan membeli komputer mungkin kita penasaran dengan sejauhmana kemampuannya. Untuk mengetahui kemampuan sebuah komputer dapat dilakukan benchmarking.  Pengertian benchmark sendiri adalah Teknik pengetesan terbatas. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk software maupun hardware dengan test yang sama. (sumber :Kamus Komputer dan Teknologi Informasi

Tipe-tipe benchmark sendiri ada beberapa macam, dapat dilihat di sini. Software benchmark juga bermacam-macam sesuai dengan tujuan dari tipe benchmark itu sendiri. Hasil benchmark biasanya berupa point, waktu, besarnya transfer data dan lain-lain. 

Jika anda ingin melihat berapa besar hasil benchmark secara umum dapat dilihat di situs tomshardware . Situs ini menyajikan secara grafik setiap komponen yang diuji beserta sofware pengujinya. Ada banyak sekali komponen yang diuji di sini, mulai dari prosessor, VGA, dan HDD. Dengan banyaknya database yang dimiliki situs tersebut kita dapat mengetahui selisih kinerja dari beberapa komponen sekaligus.

Benchmark tersebut sangat membantu dalam memberikan gambaran kemampuan komponen komputer saat kita akan membelinya. Sehingga kita tidak ragu dan dapat menetapkan komponen mana yang akan dibeli.

Berikut adalah gambaran grafik benchmark dekstop VGA, dengan software 3D Mark 2006 v1.1.0 (1280×1024, Default Quality).

benchmark

3 Tanggapan to 'Mengetahui Kemampuan Komputer'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Mengetahui Kemampuan Komputer'.

  1. Yohan said,

    Kunjungan balasan

    Sip juga masalah soal benchmarking … aku juga dikit2 mau bencmark soal hardware

  2. omiyan said,

    Alhamdulillah udah saya coba mas

    • d35ta said,

      Hmm dah coba yah. gmana hasilnya?


Tinggalkan komentar