D35ta’s Weblog


Memanfaatkan UPS saat listrik padam

Posted in Uncategorized oleh d35ta pada Desember 15, 2008
Tags: , , , , ,

UPS  (uninterrupted power supply) berfungsi sebagai listrik cadangan yang membackup listrik utama dari PLN. Menggunakan sumber arus DC dari baterai kering 12v/24v dengan inverter menjadi berarus AC 220v.  UPS biasa digunakan untuk menjaga agar komputer tidak langsung mati pada saat listrik padam, sehingga data-data dapat disimpan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur.

UPS memang sangat berguna sekali untuk proteksi kelistrikan pada komputer. Namun UPS juga dapat kita manfaatkan untuk hal lain saat listrik padam. Misalnya untuk menyalakan lampu. Ini lebih hemat dan aman dari pada kita menggunakan lampu minyak atau lilin. Cara sederhananya adalah :

1. Kabel secukupnya

2. Terminal dan tusuk kontak

3. Fitting dan lampu lilin

4. Saklar

photo-0003

Terminal

photo-0004

Tusuk kontak, fitting dan lampu lilin.

 

Rakit lampu, fitting, kabel, saklar dan tusuk kontak. Hubungkan terminal dengan keluaran UPS. Saklar bisa disertakan bisa juga tidak, karena menggunakan tusuk kontak tinggal cabut saja untuk mematikan lampu. Menggunakan terminal memungkinkan beberapa lampu dapat dihidupkan bersamaan. Lampu terbaik untuk dihubungkan dengan UPS adalah lampu lilin/ elektronik, karena lebih efisien dalam penggunaan daya dan tidak panas. Jangan menggunakan lampu TL yang bertrafo atau lampu pijar, karena akan membebani UPS dan panas. 

Setiap UPS akan mengeluarkan bunyi “bib bib bib” saat mode backup. Mungkin cukup mengganggu karena suaranya cukup keras. Untuk mensiasatinya agar suara lebih kecil. Speaker pada UPS dapat di plaster dengan selotip ataupun lakban. Speaker akan tetap mengeluarkan bunyi tetapi lebih kecil suaranya.

photo-0005

Di sini saya menggunakan UPS 1000va dan sebuah lampu Phillips 8 watt. Cahaya yang dihasilkan cukup terang untuk satu ruangan. Untuk berapa lama UPS dapat bertahan saya belum tahu pasti, karena di sini jarang listrik padam dalam waktu yang lama. Anda dapat menggunakan beberapa lampu di beberapa ruangan untuk penerangan saat listrik padam sesuai kebutuhan dan daya yang dimiliki UPS. 

Yang perlu diperhatikan adalah instalasi kabel jangan ada yang short/ konsleting, gunakan kabel kualitas yang baik, suhu pada UPS biasanya akan meningkat. Segera isi ulang UPS saat listrik kembali hidup. 

Sekarang listrik padam tiadak repot lagi mencari korek api dan lilin. Listrik padam tetap bisa belajar, membaca dan aktifitas lainnya dengan lebih nyaman.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: